Soal IPS SMP Kelas 9 Perkembangan Negara-negara di Dunia

soal latihan ulangan harian ips smp kelas 9 semester 1Contoh soal ulangan IPS SMP Kelas 9 perkembangan negara-negara di dunia. Soal berikut ini terdiri dari 20 soal diantaranya 10 isian dan 10 uraian. silahkan dipelajari untuk latihan ulangan harian, dan saya ucapkan selamat belajar semoga berhasil.

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Negara yang pendapatan nasional per kapitanya tinggi dikategorikan sebagai negara ... .
  • a. maju
  • b. dunia ketiga
  • c. berkembang
  • d. gagal
2. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut juga dengan istilah negara ... .
  • a. maju
  • b. dunia ketiga
  • c. industri
  • d. gagal
3. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju adalah ... .
  • a. Jepang dan Indonesia
  • b. India dan Pakistan
  • c. Cina dan Malaysia
  • d. Jepang dan Korea Selatan
4. alah satu ciri utama kegiatan ekonomi negaranegara maju adalah adanya komersialisasi bidang pertanian. Yang bukan merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian adalah ... .
  • a. ekspor
  • b. penggunaan bibit unggul
  • c. industri pertanian
  • d. mengisi lahan yang kosong
5. Dalam bidang kependudukan, yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara adalah ... .
  • a. penduduknya padat di wilayah pedesaan
  • b. pendapatan per kapita tinggi
  • c. tingkat pengangguran tinggi
  • d. tingkat buta huruf tinggi
6. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai negara industri baru adalah ... .
  • a. Indonesia
  • b. Filipina
  • c. Myanmar
  • d. Singapura
7. Istilah “dunia ketiga” pertama kali dikemukakan oleh ... .
  • a. Simon Perez
  • b. Margareth Thatcher
  • c. Alfred Sauvy
  • d. George Soros
8. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang pertanian adalah ... .
  • a. berorientasi ekspor
  • b. sudah menggunakan mesinisasi
  • c. padat karya
  • d. padat modal
9. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar penduduk negara maju memiliki tenaga kerja ... .
  • a. terdidik
  • b. tidak terdidik
  • c. terlatih
  • d. terdidik dan terlatih
10. Angka kematian bayi di negara berkembang dan negara terbelakang adalah ... .
  • a. rendah
  • b. tinggi
  • c. sedang
  • d. rendah sekali
11. Penyebab khusus terjadinya Perang Dunia iI di wilayah Eropa antara lain ... .
a. Jermanbersama Polandia menduduki wilayah Rusia
b. Jerman bekerja sama dengan Italia menyerang Perancis
c. Jerman mengusir Yahudi sebagai penyebab rusaknya ekonomi negara
d. Jermanmenyerbu Polandia diikuti Rusia menduduki Polandia Timur
12. Perang Pasifik yang menjadi bagian dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan peristiwa ... .
  • a. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina
  • b. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
  • c. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
  • d. penyerangan Jepang atas pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat.
13. Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman memiliki pengertian ... .
  • a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
  • b. perlindungan negara terhadap rakyatnya
  • c. keamanan bagi sebuah negara
  • d. kemampuan ekonomi negara
13. Pandangan Jerman dan Italia yang membanggakan kekuatan militernya disebut ... .
  • a. fasisme
  • b. irredente
  • c. keamanan bagi suatu negara
  • d. merkantilisme
14. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 adalah ... .
  • a. demiliterisasi angkatan perang Jerman
  • b. penyerahan Pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
  • c. mengadili semua tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
  • d. pengawasan Italia oleh pasukan AmerikaSerikat
15. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang Dunia II antara lain ... .
  • a. Jerman, Italia, Belgia
  • b. Italia, Jerman, Inggris
  • c. Jerman, Italia, Jepang
  • d. Jerman, Prancis, Inggris
16. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanjian San Fransisco 1952 antara lain ... .
  • a. Jepang harus membayar biaya perang kepada Sekutu
  • b. Jepang harus memberikan kemerdekaan kepada semua bekas wilayah jajahannya
  • c. mengadili semua penjahat perang
  • d. Jepang harus memperbaiki kerusakan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat
17. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I ketika pendudukan Jepang antara lain ... .
  • a. Jawa dan Madura
  • b. Sumatera dan Jawa
  • c. Kalimantan dan Sulawesi
  • d. Sumatera dan Kalimantan
18. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia adalah ... .
  • a. seinendan
  • b. keibodan
  • c. gakutokai
  • d. jawa hokokai
19. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
  • a. Ir. Soekarno
  • c. K.H. Mas Mansyur
  • b. Syahrir
  • d. Mr. Syamsudin
20. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda menyerah kepada Jepang di ... .
  • a. Karawang b. Kalijati
  • c. Tuntang d. Tasikmalaya
21. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menyerang Pearl Harbour di Hawaii, sebuah pangkalan laut milik negara ... .
  • a. Inggris b. Belanda
  • c. Amerika Serikat d. Jerman
22. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak menguntungkan, maka organisasi tersebut oleh Jepang dibubarkan. Sebagai gantinya dibentuk organisasi ... .
  • a. Putera b. Parindra
  • c. MIAI d. Masyumi
23. Salah satu organisasi keagamaan yang dibiarkan berkembang oleh Jepang adalah ... .
  • a. MIAI b. Muhamadiyah
  • c. Masyumi d. Nahdlatul Ulama
24. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melakukan taktik kooperasi dengan pemerintah Jepang, kecuali ... .
  • a. Ir. Soekarno
  • b. Drs. Moh. Hatta
  • c. Sutan Syahrir
  • d. Mr. Achmad Subarjo
25. Tujuan Jepang membentuk Seinendan adalah ... .
  • a. melatih para pemuda agar dapat mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
  • b. melatih para pemuda agar pandai mengolah kekayaan alam
  • c. melatih para pemuda agar mahir menggunakan senjata
  • d. melatih para pemuda untuk berperang
II. Jawablah dengan singkat!
  1. Sebutkan tiga tujuan utama pendudukan Jepang atas Indonesia!
  2. Sebutkan empat kebijakan pemerintah Jepang di Indonesia!
  3. Mengapa pemerintah Jepang membentuk Putera? Sebutkan pemimpin-pemimpin Putera!
  4. Berilah penjelasan tentang Jawa Hokokai!
  5. Sebutkan organisasi-organisasi semi militer buatan Jepang di Indonesia!
  6. Jelaskan segi positif dari terbentuknya organisasi- organisasi semi militer di Indonesia!
  7. Apa akibat dari pengerahan tenaga dan harta penduduk bagi bangsa Indonesia?
  8. Sebutkan dan jelaskan berbagai golongan yang melawan kekuasaan Jepang di Indonesia!
  9. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk perjuangan melawan Jepang!
  10. Mengapa semua pemberontakan melawan Jepang berakhir dengan kegagalan?
  11. Sebutkan ciri-ciri kependudukan negaranegara maju!
  12. Apa perbedaan negara-negara maju dan negara-negara berkembang dalam hal tingkat pendidikan?
  13. Apa yang dimaksud dengan “negara gagal” (failed state)? Kapan sebuah negara disebut gagal?
  14. Sebut dan jelaskan dasar yang digunakan untukmenentukan sebuah negara sudah maju atau masih berkembang!
  15. Jelaskan permasalahan-permasalahan yang sering muncul dan dihadapi negara-negara berkembang!

0 Response to "Soal IPS SMP Kelas 9 Perkembangan Negara-negara di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel